29 tahun bersamamu

China, April 2014 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sabtu, 30 Agustus 2014, merupakan hari yang bersejarah bagiku, karena merupakan hari di mana istriku tercinta pergi untuk selamanya dipanggil Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Duapuluh sembilan tahun terasa pendek. Banyak sekali kenangan yang telah kita buat bersama kedua anakmu, suka dan duka, Setahun (lebih jika saat-saat pacaran dihitung) di Sungei Putih, Galang, Sumatera Utara, 7 tahun di Madison, Wisconsin, Amerika Serikat, dan 21 tahun di Bogor, Indonesia. Angka 21 nampaknya angka yang khusus bagimu, karena kamu lahir pada tanggal 21 di bulan Juni 1961. 

Kepergianmu memang cukup mengejutkan bagi semua orang, termasuk bagi kedua keluarga besar kita, para tetangga di Baranangsiang Indah, Bogor, sahabat-sahabat dekatmu di Semantig dan Fakultas Pertanian USU Medan, dan sahabat-sahabat dekatmu di pengajian Al Ikhlash, Al Gifari dan di Indraprasta. Kepergianmu hanya berlangsung dalam hitungan menit. Bangun jam 3 pagi, minum 3 gelas air putih, kemudian tahajud merupakan kegiatan rutin kami sekeluarga. Beberapa menit sebelun jam 4 pagi kamu masih tertawa ria denganku. Namun sudah menjadi kehendak Allah swt, begitu kamu selesai wudlu, pas jam 4, kamu terduduk lemas dan mengeluh sesak nafas. Aku dan anakmu bergerak cepat membawamu ke rumah sakit terdekat, Bogor Medical Center (BMC). Di tengah perjalanan menuju BMC diiringi tahlil dan tahmid lirihku kamu masih sempat katakan “maafkan aku ya Pa…!”. Tentu saat itu aku jawab iya. Ketika di rumah sakit, selama dilakukan tindakan darurat, kamupun masih sadar dan berkomunikasi denganku dan anakmu. Namun hanya dalam hitungan 5 menit kamu tidak sadarkan diri kemudian pergi menghadap Sang Khalik, Allah SWT, tepat jam 4:35. Dengan suara pelan dokter menyatakan kamu terkena serangan jantung. Innalillahi wa innailaihi raji’un….! 

Aku ga nyangka kalau kepergian kita berlibur ke Cina bulan April yang lalu (Lihat Foto) merupakan liburan terakhir di luar negeri bersamamu. Aku ga nyangka kalau Ramadhan yang baru lalu merupakan Ramadhan terakhir bagimu. Aku ga nyangka kalau mudik lebaran kemarin merupakan mudik terakhir bagimu karena kamu selalu ceria di perjalanan.

Kamu adalah wanita yang luarbiasa. Di malam hari sebelum kepergianmu, kamu minta aku untuk membaca Surat Al Mulk, dan aku baca Surat yang selalu kamu baca setiap malamnya itu. Kamu selalu mengingatkanku untuk baca surat Al Kahfi di setiap malam Jum’at. Dan kamu mengajari aku meluruskan bacaan Al Qur’an di setiap pagi bagda subuh selama  3 minggu sebelum kepergianmu. 

Kasih sayangmu yang tulus tak pernah surut kepadaku dalam terjangan badai sedahsyat apapun.  Hanya kamulah yang  merawatku selama 2 bulan aku terbaring telentang di atas tempat tidur di rumah pasca aku jatuh dan tulang belakangku retak. Semuanya kamu lakukan dengan penuh kesabaran ketika kamu harus membersihkan dan memandikanku di atas tempat tidur pagi dan sore, membantu aku wudhlu sambil terbaring lima kali sehari, serta memapahku bagai anak kecil ketika aku mulai boleh berdiri dan berlatih jalan di atas kakiku sendiri.

Kamu sungguh wanita yang sangat spesial. Kamu telah buktikan kepada masyarakat bahwa menjadi wanita yang pekerjaannya membesarkan dan mendidik kedua anakmu ternyata tidak lebih jelek dari seorang wanita karir.

Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadahmu dan mengampuni dosa-dosamu. Aamiin ya Rabbal’alamiin.

Single Post Navigation

One thought on “29 tahun bersamamu

  1. Soetikno on said:

    Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya istri tercinta…Semoga arwahnya diterima disisi Allah SWT…dan yg ditinggalkan diberi ketabahan untuk meneruskan kehidupan sehari-hari dengan penuh berkah dari Allah SWT… Dari kami & keluarga (Soetikno)

Leave a Reply

