Sambutan pada Pelatihan qPCR di Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia

Assalamu’alaikum wr wb.

Para peserta pelatihan yang saya hormati, selamat datang di Kampus Balai Penelitain Bioteknologi Perkebunan Indonesia di Taman Kencana, Bogor. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah swt yang telah memberikan nikmat sehat dan nikmat selamat kepada kita semua sehingga kita bisa bertemu pada kesempatan yang sangat baik ini. Atas nama Balai saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian atas kesediaannya untuk ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini, baik atas kemauan sendiri atau atas tugas yang diberikan oleh lembaga atau perusahaan di mana Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu berasal.  Sebenarnya lebih banyak dari jumlah ini yang mendaftar untuk mengikuti pelatihan, namun mohon maaf kami harus membatasinya karena agar para peserta bisa mendapatkan akses peralatan lab dan kesempatan berdiskusi dengan para nara sumber yang lebih banyak dan intensif. Kepada para nara sumber baik dari luar maupun dari dalam, saya ucapka terima kasih atas kesediaannya untuk bisa berbagi dan mendiskusikan pengalaman dan pengetahuannya serta mendmonstrasikan keahliannya kepada para peserta pelatihan, di tengah-tengah kesibukannya yang luar biasa.

Para peserta dan nara sumber yang saya hormati, kami saat ini sedang bebenah untuk membangun kembali gedung bangunan lama yang megah dan antik ini menjadi laboratorium moderen. Di wing sebelah kanan akan kami fungsikan sebagai Laboratorium Biokimia dan Biologi Molekuler dan wing sebelah kiri akan kami fungsikan sebagai Laboratorium Mikrobiologi dan Linggkungan. Cita-cita untuk membangun kembali kewibawaan gedung bersejarah ini menjadi labororatorium sudah saya cetuskan sejak tahun 2003 yang lalu. Namun, alhamdulillah akhirnya angan-angan tersebut akhirnya akan menjadi kenyataan dengan diperolehnya dana investasi yang cukup dari para pemegang saham. Benchmark kami adalah Lembaga Eijkman di Kampus UI Jakarta yang dipelopori pembangunannya kembali oleh Dr. Sankot Marzuki.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, lembaga penelitian ini merupakan salah satu lembaga penelitian tertua di Indonesia. Gedung Utama yang berada di depan diabangun pada tahun 1926, dirancang oleh seorang arsitek ternama yang juga menjadi arsitek gedung sate Bandung. Karena sebagai lembaga penelitian, tentu saja kontribusinya kepada negara sejak tahun 1926 sangat besar terutama dalam bidang perkebunan, apapun statusnya.

Para peserta pelatihan dan nara sumber yang saya hormati. Pelatihan ini merupakan pelatihan kali pertama diselenggarakan di laboratorium baru kami yang sebenarnya masih dalam proses penyelesaian pengadaan beberapa peralatan baru. Oleh karena itu melalui kesempatan ini, sebelum Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu menggunakan laboratorium baru kami, melalui kesempatan ini perlu saya deklarasikan bahwa hari ini Senin, 30 Oktober 2012, adalah hari soft opening Laboratorium Biokimia dan Biologi Molekuler BPBPI. Semoga Laboratorium ini bermanfaat bagi Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian dan bagi masyarakat pada umumnya.

Pelatihan ini adalah bagian dari upaya kita bersama untuk bersama-sama menjadi pelopor bagi perkembangan bioteknologi molekuler di tanah air, mengejar ketinggalan dengan negara-negara lain yang jauh lebih maju dari kita. Tanpa upaya itu, kita selamanya hanya akan menjadi konsumen bukan innovator bioteknologi. Pelatihan deteksi dan analisis ekspresi gen yang disatukan dengan pelatihan aplikasi qPCR selama 4 hari ini diharapkan akan bermanfaat bagi seluruh peserta dalam memahami kemajuan teknologi dan dalam pemanfaataannya di masa yang akan datang.

Akhirnya melalui kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang telah membantu keberhasilan pelaksanaan pelatihan ini. Kepada panitia diucapkan terima kasih atas kerja kerasnya selama ini dan atas komitmennya yang tinggi untuk mengawal pelaksanaan sampai pelatihan ini selesai dengan lancar dan sukses.

Selamat mengikuti pelatihan.

 Bogor, 30 Oktober 2012

 

Dr. Ir. Darmono Taniwiryino, MSc.

 

Image

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: